Skip to main content

Material Kitchenset



Material kitchenset untuk dapur kering dan dapur basah

Hai Haloodies
Kalau yang dibahas tentang makanannya itu sudah umum ya. Tapi apakah anda tau bahwa dibalik makanan yang enak adalah diciptakan pada dapur yang bersih dan indah. Kenapa? Karena konon dapur yang bersih dan indah akan membuat mood yang akan memasak menjadi baik. Alhasil makanannya pun menjadi enak dan menggugah selera.

Untuk itu penting rasanya memberi perhatian khusus pada kitchenset anda. Kali ini mimin akan membahas beberapa material Kitchenset yang menjadi rujukan saat anda merencanakan membuat kitchenset atau membelinya. Anda bisa juga memesan kepada kami untuk merancang dan membuatnya. Keunggulan memesan kitchenset secara custom, maka desain kitchenset akan disesuaikan dengan selera dan ruangan yang anda miliki. namun jika anda tidak ingin repot-repot, anda bisa membeli dengan merk-merk yang bagus, misalnya dari produk IKEA.Ada 3 macam material utama untuk membuat kitchenset

1. Plywood atau Multiplek

Multiplek atau plywood merupakan jenis kayu olahan yang kuat. Bahan dasar yang digunakan untuk multyplek adalah kulit kayu berlapis dan diolah atau difabrikasi dengan cara dipress dengan tekanan tinggi.

Kelebihan

Multiplek atau Plywood memang memiliki tekstur lapisan kayu yang rapat. Multiplek juga tahan terhadap air (asal jangan direndam air ya). Makannya multiplek ini cocok untuk bahan untuk membuat kitchenset.
Multiplek terdiri dari kombinasi serat-serat kayu dan kulit kayu dimana permukaan luarnya lebih kuat dari lapisan tengahya. Hal tersebut berfungsi agar multiplek tahan terhadap pemuaiannya dan tidak mudah ditekuk. Dengan pemakaian yang baik material ini bisa bertahan hingga 9 tahun.

Kekurangan

Karena struktur multiplek yang kuat dan proses pembuatannya membutuhkan ongkos yang mahal, maka material ini juga dibandrol dengan harga yang mahal pula. Anda bisa cek harganya di sini.
Sehingga beberapa furniture yang dibuat dengan material ini akan lebih mahal dibanding dengan menggunakan material lainnya.

2. Blockboard

Blockboard hampir mirip dengan multiplek. Hanya saja lapisan material blockboard terbuat dari potongan-potongan kayu yang disusun secara horisontal. Salah satu bahan kayu yang digunakan adalah sengon laut, salah satu jenis kayu yang kokoh dan tahan terhadap air.

Kelebihan

Material blockboard juga memiliki ketahanan terhadap air. Sehingga tidak salah jika digunakan sebagai bahan material untuk membuat kitchenset. Blockboard memiliki harga yang relatif murah dibandingkan dengan multiplek. Jadi bagi anda yang memiliki budget terbatas, anda dapat memilih kitchenset dengan bahan dasar blockboard untuk mewujudkan kitchenset selera anda.
Kekurangan
Material blockboard cenderung lebih berat dibandingkan dengan material multiplek.

3. Medium Density Fiberboard (MDF)

MDF atau Medium Density Fiberboard adalah merupakan jenis kayu olahan yang terbuat dari serbuk kayu yang dipress dengan tekanan yang sangat tinggi. Material MDF ini dibuat untuk menutupi kelemahan dari material multiplek / plywood yang permukaannya kurang halus, mudah retak dan pecah pada ukuran lebar yang terlalu kecil serta hasil potongan yang kasar. Material ini juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan kitchenset.

Kelebihan

Harga dari material MDF ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan material diatas. Memiliki permukaan yang halus, berbeda dengan permukaan material multiplek yang cenderung lebih kasar.

Kekurangan

Sangat disayangkan material MDF tidak tahan terhadap air. Sehingga harus dilapisi dengan bahan pelapis yang tahan terhadap air. Material MDF tidak direkomendasikan untuk membuat kitchenset pada dapur basah. Material-material yang telah disebutkan diatas masih harus dilapisi dengan material finishing. Agar tampilan kitchenset impian anda menjadi lebih bagus dan indah. Apa saja material finishing untuk lapisan finish material diatas? Mari kita bahas.

1. High Pressure Laminate (HPL)

HPL merupakan material pelapis pabrikan yang berbentuk lembaran. Digunakan sebagai material pelapis terluar (finishing) suatu furniture atau mebel. HPL terbuat dari resin dan decorative paper yang memiliki corak dan warna beragam, dapat digunakan sebagai kesan estetika kitchenset anda.

Kelebihan

HPL sangat praktis untuk diaplikasikan serta terdapat beragam corak dan warna. Permukaan lembaran HPL mudah dibersihkan, aman dan ramah lingkungan. Untuk masalah harga anda tidak perlu khawatir. Karena harga HPL sangat kompetitif.
Kekurangan
Dari segi estetika, HPL masih kalah dengan pelapis finishing yang lain seperti Cat Duco yang tampil lebih indah dan menawan.

2. Decosheet

Pelapis lembaran fabrikan lainnya adalah Decosheet. Sebagian orang proyek ada yang menyebutnya Tacon atau Taconsheet. Lapisan lembaran ini terbuat dari bahan plastik yang lebih tipis dibandingkan dengan HPL. Karena tebalnya material ini sangat tipis, sehingga sangat mudah untuk membentuknya.

Kelebihan

Decosheet terbuat dari bahan yang tidak mudah terkelupas, fleksibel dan mudah mengikuti bentuk lengkung dari kitchenset.

Kekurangan

Karena terbuat dari bahan yang tipis, maka jika tidak digunakan dengan baik bahan ini tidak akan bertahan lama. Selain itu decosheet juga tidak tahan terhadap minyak dan panas.

3. Cat Duco

Cat Duco merupakan type finishing yang paling mahal. Mampu membuat tampilan dapur lebih Elegan dan menarik dengan pilihan warna yang sangat variatif dan tentunya indah.
finishing cat duco lebih mengedepankan kekuatan dan kekokohan dari bahannya itu sendiri. Untuk mencapai hasil yang maksimal harus membutuhkan waktu yang cukup untuk proses pengerjaannya, teliti dan sabar, tapi hasilnya dijamin memuaskan.

Kelebihan

Ada dua pilihan cat Duco:
1. Glossy untuk anda yang suka dengan tampilan mengkilap
2. Doff untuk anda yang suka dengan tampilan sebaliknya alias doff finish
Saat ini ada inovasi terbaru yaitu cat duco dengan corak yang menyerupai marmer, motiv batu alam dan banyak corak warna lainnya.

Kekurangan

Jika dibandingkan dengan type finishing lainnya, cat duco dapat dibilang type finishing yang paling mahal. Anda harus menyiapkan budget yang lebih untuk pilihan type finishing cat duco ini.
Bagaimana Gan? Setelah agan-agan tau kelebihan dan kekurangan dari material-material diatas, agan dapat membandingkan dan menyesuaikan budget agan sekalian dalam merencanakan dan mewujudkan dapur yang menarik dan tentunya sesuai dengan selera masing-masing.

Arkananta Multi Design siap membantu anda dalam merencanakan dan merancang dapur yang sesuai dengan selera anda. Kami pun siap membantu anda untuk menjadi kontraktor untuk membangun rumah dan interior rumah anda. jangan ragu, silahkan hubungi kami.
WA: 083863811539
HP : 085229397194
Konsultasi gratis.
Salam Indah dari Arkananta Multi Design

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Neufert Data Arsitek - Hotel

Ruangan Hotel dan Kebutuhan Luasannya Penginapan dengan kamar, ruang minum, koridor, pelayanan hotel 50-60% Ruang tamu terbuka, ruang penerimaan, lobby, ruang tunggu 4-7% Ruang perjamuan (ruang menerima tamu), restoran, bar untuk tamu intern dan tamu/ dari luar 4-8% Ruang perjamuan dengan bangket dan ruang konferensi 4-12% Ruang rumah tangga (seperti : ruang makan, dapur, ruang pegawai, gudang 9-14% Ruang administrasi, ruang direktur dan sekretaris 1-2% Ruang teknik dengan mesin dan ruang perawatan 4-7% Ruang animasi, ruang santai, ruang olah raga, toko, salon 2-10% Ruang khusus seperti tempat petirahan, ruang seminar, ruang terbuka (aula) Luas ruang dapat bervariasi menurut banyaknya tawaran. Orang membedakan : hotel di dalam kota, hotel di tempat-tempat wisata (hotel untuk berlibur), hotel klub, apartment, motel, klasifikasi hotel internasional menurut kemewahan : 5 Kategori yaitu 1. Hotel bintang 1 = Hotel murah (hotel melati) 2. Hotel bintang 2 = Hotel ekonomi 3.