Skip to main content

Bangunan Menakjubkan di Dunia


Bangunan Menakjubkan di Dunia ternyata salah satunya adalah di Indonesia. Wow.. Ternyata Indonesia juga tidak kalah dengan negara - negara di dunia dalam hal karya arsitekturalnya. Meskipun kabarnya bangunan - bangunan ini merupakan bangunan yang terlantarkan, namun karyanya patut diperhitungkan. Disini saya akan membahas 10 bangunan menakjubkan yang ada di dunia. Semoga menambah wawasan untuk anda.

1. Bank Pembangunan Islam

Urutan pertama pada Bangunan Menakjubkan di Dunia adalah Bank Pembangunan Islam. Nama aslinya adalah Jeddah Architectural Guide. Gedung pusat IDB di Jeddah Arab Saudi ini memiliki gaya arsitektural Modern Islami. Bangunan ini sebenarnya merupakan dua menara namun dalam satu atap agar terkesan gedung tunggal.

2. Jose Vasconcelos Library

Urutan kedua pada Bangunan Menakjubkan di Dunia adalah Jose Vasconcelos Library. Bangunan ini berada di Meksiko. Nama gedung tersebut diambil dari nama mantan presiden Perpustakaan Nasional Meksiko. Bangunan tersebut merupakan sebuah perpustakaan sekaligus taman Botani. Bangunan yang unik dan modern ini menyatu dengan alam sekitar. Interior dari bangunan ini terlihat rumit namun terkesan modern.

3. Istana Pagaruyung Sumatra Barat

Urutan ke Tiga dari Bangunan Menakjubkan di Dunia adalah Istana Pagaruyung di Sumatra Barat, Indonesia. Istana ini merupakan peninggalan bersejarah dari kerajaan Minang Kabau. Ini merupakan karya arsitektur nusantara atau tradisional Rumah Gadang. Patut dibanggakan. Istana ini awalnya dibangun dengan menggunakan material kayu. Istana ini pernah terbakar beberapa kali hingga tahun 2007. Istana ini sekarang difungsikan sebagai musium serta merupakan tujuan wisata terpopuler di Indonesia. Keren kan?

4. Biara Shwenandaw

Urutan ke Empat dari Bangunan Menakjubkan Dunia adalah Biara Shwenandaw. Banyak bangunan Biara di dunia ini. Namun Biara yang satu ini adalah bangunan biara yang dibilang menakjubkan Dunia. Biara Shwenandaw berada di Mandalay. Ini adalah merupakan karya arsitektur yang dibangun dengan bahan kayu tradisional Burma dan seni ukir kayu yang berada di Myanmar. Bangunan tersebut juga dikenal sebagai Istana Biara Emas. Bangunan bersejarah tersebut merupakan peninggalan bersejarah Royal Palace yang masih tersisa. Dibangun pada masa kerajaan Raja Mindon di pertengahan abad ke sembilan belas.

5. Museum of Islamic Art

Urutan ke Lima dari Bangunan Menakjubkan Dunia adalah Museum of Islamic Art. Musium ini terletak di tepi pantai Doha, Qatar. Musium tersebut menjadi rumah bagi koleksi besar seni serta menjadi pusat pendidikan dan perpustakaan Islam. Bangunan yang unik dan dinamis ini merupakan hasil karya Arsitek pemenang penghargaan IM Pei yang sangat dipengaruhi oleh gaya arsitektur Islami kuno dan terinspirasi dari Masjid Ibnu Tulun di Kairo, Mesir.

6. Moulay Ismail Mausoleum at Meknes Morocco

Urutan ke Enam dari Bangunan Menakjubkan di Dunia adalah Moulay Ismail Mausoleum at Meknes Morocco. Sebenarnya banungan ini adalah kompleks tempat peristirahatan terakhir dari Moulay Ismail Ibn Sharif. Seorang sultan dari Meknes di abad ke-17. Beliau adalah salah satu penguasa terbesar Maroko. Makam ini terbuka untuk pengunjung non-Muslim. Halamannya indah dan bagian dalam makam yang menenangkan. Merupakan contoh karya besar dari Arsitek kuno Maroko.

7. Moscow School of Management

Urutan ke Tujuh dari Bangunan Menakjubkan di Dunia adalah Moscow School of Management. Bangunan ini dirancang apik oleh Arsitek kelahiran Tanzania yaitu David Adjaye. Moscow School of Management atau Skolkovo adalah sekolah bisnis swasta terbesar di Rusia. Bangunan ini memang sengaja dirancang untuk difungsikan sebagai wadah komunitas independen untuk melindungi warganya dari musim dingin yang keras di negara itu. Bangunan ini di desain mempunyai tempat menginap bagi Siswa, Pengajar dan Staf Administrasi.

8. Museo el Castillo

Urutan ke Delapan dari Bangunan Menakjubkan di Dunia adalah Museo el Castillo. Kastil peninggalan Perancis ini adalah merupakan tempat wisata yang menakjubkan. Wajib anda kunjungi saat berwisata ke Kolombia. Kastil tersebut merupakan peninggalan keluarga kaya yang bertempat di Medellin. Dibangun pada tahun 1930 dengan gaya Gothic dikelilingi taman-taman bergaya Perancis.

9. Monumen Pakistan

Urutan ke Sembilan dari Bangunan Menakjubkan di Dunia adalah Monumen Islamabad. Monumen Nasional Pakistan ini memiliki bentuk yang unik. Bangunan ini dirancang menyerupai Bunga dan Bulan Sabit. Jika dilihat dari udara monumen ini terlihat seperti Bintang. Terinspirasi dari simbol yang berada pada bendera Pakistan.

10. Makoko Floating School

Urutan terakhir dari Bangunan Menakjubkan di Dunia adalah Makoko Floating School. Adalah merupakan sebuah bangunan gedung sekolah yang dibangun diatas air. Sangat Unik dan Menakjubkan. Bangunan ini terletak di perairan Makoko, sebuah wilayah miskin di kota terbesar Nigeria, Lagos. Gedung sekolah terapung ini merupakan pilot proyek yang dirancang untuk mengatasi perubahan iklim ganda dan pertumbuhan popiulasi di wilayah pantai Afrika Barat.
Nah.. itulah 10 Bangunan Menakjubkan di Dunia. Kita patut bangga, bahwa dari 10 Bangunan Menakjubkan di Dunia, salah satunya ada di Indonesia. Yuk lestarikan peninggalan bersejarah dari nenek moyang kita. Salam Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Neufert Data Arsitek - Hotel

Ruangan Hotel dan Kebutuhan Luasannya Penginapan dengan kamar, ruang minum, koridor, pelayanan hotel 50-60% Ruang tamu terbuka, ruang penerimaan, lobby, ruang tunggu 4-7% Ruang perjamuan (ruang menerima tamu), restoran, bar untuk tamu intern dan tamu/ dari luar 4-8% Ruang perjamuan dengan bangket dan ruang konferensi 4-12% Ruang rumah tangga (seperti : ruang makan, dapur, ruang pegawai, gudang 9-14% Ruang administrasi, ruang direktur dan sekretaris 1-2% Ruang teknik dengan mesin dan ruang perawatan 4-7% Ruang animasi, ruang santai, ruang olah raga, toko, salon 2-10% Ruang khusus seperti tempat petirahan, ruang seminar, ruang terbuka (aula) Luas ruang dapat bervariasi menurut banyaknya tawaran. Orang membedakan : hotel di dalam kota, hotel di tempat-tempat wisata (hotel untuk berlibur), hotel klub, apartment, motel, klasifikasi hotel internasional menurut kemewahan : 5 Kategori yaitu 1. Hotel bintang 1 = Hotel murah (hotel melati) 2. Hotel bintang 2 = Hotel ekonomi 3.