Skip to main content

Rumah Biophilic


AMD - Hipotesa Biophilia (pecinta alam) dapat dieksplorasi pada desain arsitektur. Dengan semakin berkembangnya dunia arsitek modern, semakin padatnya penduduk baik perkotaan maupun pedesaan, saat ini orang justru lebih tertarik dengan design rumah yang unik dan menyatu dengan alam. Biophilic design menjadi pilihan masyarakat untuk menciptakan hunian yang adem, nyaman tapi unik. Bahkan design biophilic ini bisa dikawinkan dengan design arsitektur modern.

Dalam mengeksplorasi alam ke dalam design bangunan ialah salah satunya dengan eksplorasi bata merah. Bahkan saat ini banyak istilah "umah botoyang berarti rumah bata. Rumah bata yang dulunya hanya terkenal di pedesaan karena alasan budget yang belum mencukupi untuk melanjutan pekerjaan plesteran acian dan finishing cat. Justru saat ini banyak arsitek yang meng eksplor bata merah ini menjadi expose tanpa ada pelapis finishing lainnya. Bahkan saat ini agar mempermudah dalam mengexplore bata merah ini sudah ada bata tempel.

Bata merah dapat dijadikan facade rumah yang akan mengesankan kesejukan dan menyatu dengan Alam. Bata merah dengan berbagai macam ukuran dapat mengasah kita untuk lebih bervariasi dalam penyusunannya.
Selain digunakan sebagai facade bangunan, bata merah juga dapat difungsikan sebagai kisi-kisi yang bisa dipadukan dengan tanaman hijau sehingga memberi efek kesejukan dan kenyamanan.

Pada interior rumah, bata merah ini bisa dijadikan backdrop / scluptur pada dinding dalam rumah anda. Namun tentunya dalam penyusunan / pembangunannya membutuhkan ketelitian dan kesabaran, agar tampaknya bisa kelihatan unik, indah dan maksimal.
Silahkan mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Neufert Data Arsitek - Hotel

Ruangan Hotel dan Kebutuhan Luasannya Penginapan dengan kamar, ruang minum, koridor, pelayanan hotel 50-60% Ruang tamu terbuka, ruang penerimaan, lobby, ruang tunggu 4-7% Ruang perjamuan (ruang menerima tamu), restoran, bar untuk tamu intern dan tamu/ dari luar 4-8% Ruang perjamuan dengan bangket dan ruang konferensi 4-12% Ruang rumah tangga (seperti : ruang makan, dapur, ruang pegawai, gudang 9-14% Ruang administrasi, ruang direktur dan sekretaris 1-2% Ruang teknik dengan mesin dan ruang perawatan 4-7% Ruang animasi, ruang santai, ruang olah raga, toko, salon 2-10% Ruang khusus seperti tempat petirahan, ruang seminar, ruang terbuka (aula) Luas ruang dapat bervariasi menurut banyaknya tawaran. Orang membedakan : hotel di dalam kota, hotel di tempat-tempat wisata (hotel untuk berlibur), hotel klub, apartment, motel, klasifikasi hotel internasional menurut kemewahan : 5 Kategori yaitu 1. Hotel bintang 1 = Hotel murah (hotel melati) 2. Hotel bintang 2 = Hotel ekonomi 3.